Jumat, 26 Agustus 2011

PENGERTIAN, NILAI, DASAR HUKUM BELA NEGARA


PENGERTIAN


  Bela Negara adalah  sikap dan perilaku warga Negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta keyakinan akan pancasila sebagai ideologi Negara guna menghadapi ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan dan mengancam kedaulatan baik kedaulatan di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan Negara.


NILAI NILAI BELA NEGARA

  1. Cinta Tanah Air.

  1. Sadar Berbangsa dan Bernegara.
                                                                                      
  1. Yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara.

  1. Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara.

  1. Memiliki kemampuan awal Bela Negara secara Psikis maupun Fisik.


DASAR  HUKUM  BELA NEGARA

  1. UUD 1945 Pasal 27 Ayat (3) :” Bahwa tiap warga Negara behak dan wajib ikut serta dalam upaya bela Negara”.

  1. UUD  1945 Pasal 30 Ayat (1) dan (2) :”Bahwa tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha Pertahanan dan Keamanan Negara, dan Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara dilaksanakan melalui Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai Komponen Utama, Rakyat sebagai Komponen Pendukung”.

  1. UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 6B :” Setiap Warga Negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, sesuai dengan ketentuan yang berlaku”.

  1. UU No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat (1) :” Setiap Warga Negara Berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Bela Negara ysng diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”.


  1. UU No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat (2) :” Keikutsertaan warga Negara dalam upaya bela Negara dimaksud ayat (1) diselenggarakan melalui :

-          Pendidikan Kewarganegaraan
-          Pelatihan dasar kemiliteran
-          Pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib dan
-          Pengabdian sesuai dengan profesi.
 





3 komentar: